Manfaat Tanaman Obat Adas yang Mujarab

22.35

Tanaman obat adas adalah tanaman obat berkhasiat yang biasa ditemukan di daerah Anglo-Saxon. Di negara kita sendiri juga ditanam dan dijadikan sebagai bumbu dan obat.

Manfaat Tanaman Obat Adas yang Mujarab

Tanaman obat adas ini berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Namun sekarang dikarenakan tanaman ini sangat bermanfaat dan berkhasiat, banyak negara seperti Argentina, Indonesia, India, Eropa, dan Jepang yang membudidayakannya.

Manfaat Tanaman Obat Adas yang Mujarab

Ciri tanaman ini bisa tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, pertumbuhan yang maksimal berada pada dataran tinggi.

Ciri tanaman obat adas ini memiliki panjang dengan tinggi 50 cm – 2 m, dan tumbuh secara merumpun. Satu rumpun biasanya terdiri dari 3 – 5 batang. Warna batangnya hijau kebiru – biruan, beruas, beralur, berlubang, bila memar baunya wangi.

Daun tanaman ini berseling, majemuk menyirip ganda dua dengan sirip – sirip yang sempit, ujung dan pangkal runcing, berbentuk jarum, tepi rata, berseludang warna putih, seludang berselaput dengan bagian atasnya seperti topi.

Manfaat Tanaman Obat Adas yang Mujarab

Khasiat dan manfaat tanaman obat adas yang mujarab yaitu berfungsi untuk menghilangkan dingin, penghilang rasa nyeri sendi, dan berefek menurunkan kadar asam urat. Khasiat lainnya sebagai pelega perut (karminatif), menahan rasa mulas, penambah rasa alami, serta mengatasi batuk dan sariawan mulut.

Bahan tanaman yang digunakan yaitu buahnya yang sudah dimasak.

Manfaat Tanaman Obat Adas yang Mujarab

Cara penggunaan yaitu 3 – 9 gram buah adas kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. bisa juga digiling halus, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Minum hangat – hangat 1 – 2 kali sehari.

Artikel Terkait

First